Salam Pelajar!!!
Pelaksanaan Prakerin di DU/Dl dilaksanakan dalam bentuk kegiatan praktek
sebagai pendalaman materi keahlian yang telah dipelajari di sekolah.
Pembelajaran praktek dilaksanakan dalam keadaan kerja yang sebenarnya
dan dilengkapi fasilitas peralatan dan sumber belajar yang ada di DU/DI.
Siswa belajar pada kondisi nyata dunia kerja, di mana siswa mendapatkan
lingkungan belajar yang berbeda dengan lingkungan sekolah siswa berada
di DU/Dl mengalami proses pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran
di sekolah. jika siswa berada di DU/Dl, siswa mendapatkan pengalaman
serta keterampilan yang tidak diperoleh di sekolah. Hal ini disebabkan
oleh karena lingkungan belajar yang berbeda antara sekolah dengan DU/DI.
Lingkungan yang ada di DU/DI merupakan kondisi sosial pada lingkungan
kerja, dan bukan kondisi lingkungan belajar. Sehingga perlu penyesuaian
bagi siswa dalam bersikap dan menampilkan kemampuan diri sebagai tenaga
kerja tingkat menengah yang siap pakai.
Dalam hal ini SMK 02 Islam 45 Ambulu menyelenggarakan Praktik Kerja Industri di berbagai wilayah di Kab. Jember yang Insya Alloh akan dimulai pada 01 Maret 2016 sampai dengan 30 April 2016. Untuk itu kami berharap dukungan yang penuh kepada segenap civitas dan warga Sekolah guna terlaksanakannya kegiatan tersebut.
Selama siswa melaksanakan Prakerin di DU/Dl, pihak sekolah melakukan
pengawasan atau monitoring terhadap siswa satu kali seminggu. Kegiatan
monitoring bertujuan untuk melihat kemajuan belajar siswa, baik dari
segi sikap maupun keterampilan. Kegiatan monitoring dilaksanakan oleh
guru pembimbing sekolah yang dipercayakan oleh panitia Prakerin sebagai
pelaksana monitoring siswa.
Monitoring yang dilaksanakan oleh guru yaitu meliputi, monitoring kompetensi yang dilaksanakan siswa di DU/DI, kemajuan belajar siswa, kehadiran, dan kendala-kendala yang ditemui di lapangan selama pelaksanaan Prakerin. Monitoring kompetensi dilakukan untuk melihat kesesuaian materi atau bimbingan yang diberikan oleh pihak DU/DI terhadap siswa dengan pembelajaran yang diperoleh siswa di sekolah. Sedangkan monitoring kemajuan belajar siswa dilakukan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa di DU/DI dan mengetahui kemampuan yang telah diperolehi siswa selama di DU/DI. Monitoring kehadiran ditujukan bagi sikap siswa, termasuk kedisiplinan, sikap kerja selama Prakerin. Monitoring tentang kendala-kendala ditujukan untuk menerima masukan-masukan dari pihak DU/DI terhadap permasalahan siswa atau kendala yang ditemui pihak DU/DI selama pelaksanaan Prakerin.
Monitoring yang dilaksanakan oleh guru yaitu meliputi, monitoring kompetensi yang dilaksanakan siswa di DU/DI, kemajuan belajar siswa, kehadiran, dan kendala-kendala yang ditemui di lapangan selama pelaksanaan Prakerin. Monitoring kompetensi dilakukan untuk melihat kesesuaian materi atau bimbingan yang diberikan oleh pihak DU/DI terhadap siswa dengan pembelajaran yang diperoleh siswa di sekolah. Sedangkan monitoring kemajuan belajar siswa dilakukan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa di DU/DI dan mengetahui kemampuan yang telah diperolehi siswa selama di DU/DI. Monitoring kehadiran ditujukan bagi sikap siswa, termasuk kedisiplinan, sikap kerja selama Prakerin. Monitoring tentang kendala-kendala ditujukan untuk menerima masukan-masukan dari pihak DU/DI terhadap permasalahan siswa atau kendala yang ditemui pihak DU/DI selama pelaksanaan Prakerin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa tinggalkan komentar Anda
Jika Anda tidak memiliki Account Google Pilih Saja Anonymous.
Terima Kasih