SAFARI TAHLIL SMK 02 ISLAM 45 AMBULU


 Safari Tahlil adalah agenda rutin yang dilakukan oleh siswa dan dewan guru serta karyawan SMK 02 Islam 45 Ambulu, yang dilaksanakan pada satu bulan sekali bahkan lebih... Salah satu bentuk dari pembelajaran secara spiritual untuk mengimplementasikan ajaran-ajaran yang berlandaskan Ahlussunnah wal jama'ah...
Akan tetapi tidak dipungkiri tidak sedikit pada siswa yang belum memahami dan mengetahui keutamaan-keutamaan yang ada dalam bacaan tahlil, untuk itu tidak ada salahnya sebenarnya bertanya pada waktu maudhotul hasanah pelaksanaan safari tahlil berlangsung atau pada guru Agama Islam agar lebih dalam kemantapan dan keimanan. berikut kita sama-sama berlajar mengetahui beberapa keutamaan-keutamaan Tahlil pada artikel di bawah ini...
 Salah satu dzikir yang paling utama adalah kalimat  La ilaha Illallah/ لاإله إلاالله  yang artinya tiada Tuhan yang pantas disembah kecuali Allah swt. Begitulah pesan Rasulullah saw kepada Sayyidina Ali Karramallahu wajhah, ketika beliau secara pribadi memohon agar diberikan dzikir khusus yang lebih berat dari dunia seisinya, dan lebih mudah mendekatkan diri kepada Allah swt.
Maka Rasulullah saw pun menjawab,”Jangan begitu Saudaraku Ali, bahwa ucapan yang paling utama yang aku ucapkan dan juga diucapkan nabi-nabi sebelumku adalah La ilaha Illallah:
أفضل ماقلت أنا والنبيون من قبلي لاإله إلاالله
Sebaik-baik ucapan yang aku dan nabi-nabi sebelumku ucapkan adalah kalimah La ilaha Illallah
Demikianlah Rasulullah saw memberikan ijazah dzikir لاإله إلاالله  kepada sayyidina Ali yang kemudian diturunkan kepada para sahabat, tabi’in dan tabiut tabi’in hingga kepada kita semua. Karena sesungguhnya kalimat لاإله إلاالله  menyimpan beribu hikmah bahkan hikmahnya sampai dunia seisinya.
Dalam salah satu hadits riwayat sahabat Anas ra. Disebutkan:
مَنْ قَالَ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَمَدَّهَا هُدِمَتْ لَهُ أَرْبَعَةُ آلافِ ذَنْبٍ مِنَ الْكَبَائِرِ
Barang siapa yang membaca kalimat tauhid لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ  dan memanjangkannya, maka baginya akan dihapus empat ribu macam dosa besar”.
Pada saat itu para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, lalu bagaimana apabila dia (seseorang) tidak memiliki dosa besar ?”, Rasulullah menjawab ; “Maka yang dihapuskan empat ribu macam dosa besar adalah keluarga dan para tetangganya”.
Diantara ajaran para ulama ketika membaca panjang kalimat Tauhid, adalah memanjangkan kata LA sambil kepala berpaling ke sebelah kanan dan hati menghayati artinya yaitu “tidak ada”. Dan Ketika melafalkan ILAHA sambil kepala bergerak ke bagian tengah dan hati menghayati artinya yaitu “Tuhan yang wajib disembah”. Kemudian ktika melafalkan ILLALLAH sambil kepala berpaling kesebalah kiri dan hati menghayati artinya yaitu “melainkan Allah”.
Dan yang penting diperhatikan juga adalah menyambung kalimat tauhid tersebut dengan kalimat  مُحَمَّدُ رَسُوْلُ اللهِ  di dalam hati serta menghayati artinya yaitu “Muhammad adalah utusan Allah”. Hal ini untuk membedakan cara membaca kalimat Tauhid umat Rasulullah Muhammad saw dengan umat terdahulu.
Sebenarnya berdzikir dengan kalimat tauhid ini tidak hanya dianjurkan kepada umat Muhammad saw saja, tetapi juga umat para nabi terdahulu. Sebuah cerita menggambarkan hal ini diriwayatkan dari Wahab bin Manbah.
 عن وهب بن منبه رضي الله عنه قال قرأت في آخر زبور داود عليه الصلاة والسلام ثلاثين سطرا يا داود هل تدرى أي المؤمنين أحب إلى أن أطيل حياته الذي إذا قال لا إله إلا الله اقشعر جلده وإني أكره لذلك الموت كما تكره الوالدة لولدها ولابد له منه انى أريد ان أسره في دار سوى هذه الدار فان نعيمها بلاء ورخاءها شدة فيها عدولا يألوهم خبالا يجرى منهم مجرى الدم من أجل ذلك عجلت أوليائي إلى الجنة لولا ذلك لما مات أدم عليه السلام وولده حتى ينفخ 
Diriwayatkan dari Wahab bin Manbah bahwa dia pernah berkata “aku telah membaca tiga puluh baris terakhir dari kitab zaburnya Nabi Daud as. (di dalamnya diterangkan) Allah berfirman kepada Nabi Daud “Apakah kamu tahu orang mukmin yang paling Aku inginkan untuk Ku-panjangkan umurnya?” Nabi Daud menjawab “tidak tahu”. Kemudian Allah menjelaskan “Yaitu orang mukmin yang jika membaca kalimat tauhid akan merinding bulu-bulunya. Dan Aku sangat membenci (tidak menginginkan) orang mukmin seperti itu lekas (cepat) mati, seperti orang tua yang tidak rela anaknya mati. Sesungguhnya Aku ingin sekali menyenangkannya di rumah yang bukan rumah ini (fana = dunia). Karena kenikmatan di dunia ini merupakan cobaan, dan kemewahan-kemewahan itu hanyalah kesengsaraan. Di samping itu, di dunia banyak musuh yang mondar-mandir terus mengalir mengepungnya seperti aliran darah yang mengajak pada kerusakan. Oleh karena itu, Aku segerakan mereka para kekasih-Ku (mati) lalu masuk ke surga-Ku. Andaikata tidak demikian, niscaya tidak akan mati Nabi Adam as. dan anak cucunya hingga ditiupnya  sangkakala.         
Demikianlah posisi pentingnya kalimat tauhid لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ  bagi seorang mukmin, ia tidak sekedar sebagai kalimat pengakuan keesaan Allah swt, akan tetapi juga sebagai kunci menuju kesuksesan hidup di akhirat nanti. Sebagaimana janji Allah yang dijelaskan kepada Nabi Daud as. Karena itulah dikatakan   مفتاح الجنة لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ  bahwa kunci masuk surga adalah La Ilaha Illallah.


Semoga kita semua bisa mengistiqomahkan amalan ini sehingga menjadi penerang hidup dan pelebur dosa kita... Aamiin...
Safari tahlil dimeriahkan juga dengan seni islami... Sholawat SMK 02 Islam 45 Ambulu, bukti kecintaan dengan Nabi Muhammad SAW...
Allahumma sholli 'ala Muhammad...







ADMIN
_________________________________
SMK 02 ISLAM 45 AMBULU  

abie el fath
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar Anda
Jika Anda tidak memiliki Account Google Pilih Saja Anonymous.
Terima Kasih

SEPUTAR PKL 2021

SEPUTAR PKL 2021
KLIK GAMBAR MENUJU SITE PKL 2021

QR CODE PPDB 2021

QR CODE PPDB 2021
SMK 02 Islam 45

Ingat Waktu

SMK 02 Islam 45 Ambulu

HIMBAUAH KEPALA SEKOLAH

Entri Populer

LATEST POSTS

Widgetized Footer